• MA SWASTA BABUN NAJAH BANDA ACEH

  • Jl. Kebon Raja, Desa Doy, Kec. Ulee Kareng - Banda Aceh

Santri Akhir Babun Najah Ikuti Amaliyahtu Tadris (Micro Teaching)

Banda Aceh - Amaliyahtu tadris (micro teaching) adalah kegiatan yang bersifat wajib di Pesantren Modern Babun Najah untuk santri kelas akhir sebagai upaya mencetak generasi ber’akhlakul karimah secara personal, intelektual, dan juga mental.

Pesantren Modern Babun Najah Ulee Kareng Kota Banda Aceh menggelar kegiatan Amaliyahtu Tadris (Micro Teaching) Berbahasa Inggris dan Arab untuk santriwan/santriwati kelas akhir pada tanggal 5-12 November, Semester Ganjil Tahun Pelajaran: 2022-2023.

Kegiatan tersebut diawali dengan Penampilan Perdana Micro Teaching yang dipilih dua santri dari 130 Santri Kelas Akhir Serta dihadiri oleh seluruh dewan guru dan santri-santri kelas akhir sebagai Muntaqid (Pengoreksi) saat proses Micro Teaching berlangsung di Mushalla.  (Sabtu, 05/11/2021).

Wakil Pimpinan Pesantren Modern Babun Najah, Ust. Arifin Ramli, S.Hum menyampaikan bahwa adalah kegiatan yang bersifat wajib bagi santri kelas akhir sebagai upaya mencetak generasi ber’akhlakul karimah secara personal, intelektual, dan juga mental.

“Karena Mental adalah dasar keberanian seseorang ber’inovasi menyampaikan gagasan intelektual dalam bentuk Micro Teaching”, jelasnya. 

Secara teknis, Amaliyah Tadris dilakukan Penampilan Perdana yang diambil dua santri dari kelas akhir dan dievaluasi oleh seluruh dewan guru sebagai contoh Amaliyah yang sebenarnya.

Apapun propesi Alumni Babun Najah nantinya, mereka wajib melakukan menyampaikan materi/nasehat baik secara formal ataupun non formal. Karena itu, mereka wajib mengetahui metode pendidikan yang sistematis sehingga diterima oleh masyarakat sebagai guru yang profesional, dan itu diajarkan melalui Amaliyah Tadris (Micro Teaching)” ungkap Wakil Pimpinan saat pembukaan acara amaliyahtu tadris.

Ust. Arda Julhusnil, sebagai ketua panitia Amaliyahtu Tadris mengatakan bahwa metode pembelajaran Amaliyahtu Tadris mengacu kepada kitab Tarbiyah yang ditulis oleh Pondok Pesantren Darussalam Gontor tetapi musyrif/musyrifah juga dibolehkan menganjurkan santri akhir bimbingannya untuk berinovasi dengan metode kurikulum 2013 revisi nasional. (HB)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Babun Najah Juara Umum Pramuka Tingkat Penegak

Pesantren Modern Babun Najah keluar sebagai juara umum tingkat penegak pada lomba Perkemahan Penggalang Penegak (LP3) Putri ke VIII di Pesantren Al-Mujaddid, Kota Sabang. Lomba pramuka

31/10/2022 09:36 - Oleh Admin - Dilihat 37 kali
Babun Najah Raih Sejumlah Prestasi di Darul Ulum Exhibition VI

Pesantren Modern Babun Najah mendulang sejumlah prestasi pada ajang Exhibition Darul Ulum IV. Ajang ini berlangsung di Ponpes Darul Ulum Banda Aceh, sejak 23-29 Oktober 2022. Rahmatul

31/10/2022 09:28 - Oleh Admin - Dilihat 27 kali
Santri Babun Najah Banda Aceh Juara Debat Bahasa Arab

Santri Pesantren Modern Babun Najah Banda Aceh meraih Juara II lomba debat Bahasa Arab pada Al Mahrajan Al Arabi (Festival Bahasa Arab), yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Progra

29/08/2022 14:44 - Oleh Admin - Dilihat 112 kali
4 Santri Babun Najah Diterima di Universitas Terbaik Turkey

Teuku Hermizar, Aria Putra, Jarwal Taisir MN, dan  Fauzan Azima santri akhir Pondok Pesantren Modern Babun Najah yang mengikuti via Program Pendidikan Studies in Turkey. studies in

04/08/2022 10:24 - Oleh Admin - Dilihat 161 kali
Babun Najah Adakan Lomba Tingkat 1 Ke-8

Sejalan dengan usaha peningkatan mutu dan pembinaan pramuka di Indonesia, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan. Baik yang berada pada tingkat nasional, bahkan Internasional. Namun, mari

25/06/2022 10:37 - Oleh Admin - Dilihat 328 kali